Pages

Thursday, November 16, 2017

KECIL

Ini adalah rumah terkecil di Britania Raya. Sering juga disebut Quay House. Terletak di Conway, North Wales. Pemiliknya seorang nelayan berpostur tinggi (1.9 m) bernama Robert Jones yang dibangunnya pada abad ke 16 M. Bangunan ini kurang lebih berukuran 3.05m x 1.8m dengan tinggi 3 m terdiri dari dua lantai. Rumah ini sudah masuk dalam Guinness Book of Record.

Abad ke 6 M juga ada rumah kecil yang hanya berisi tikar, tempayan, piring dan roti kering. Menariknya? Rumah ini adalah rumah Gubernur Syam yang zuhud. Beliau adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Khalifah Umar bin Khattab pun menangis ketika berkunjung kesana. Dibalik (rumah) kecil itulah tidak mengurangi derajatnya. Justru bertambah sebab ketinggian derajatnya di sisi Allah.
Karena yang kecil itu suka ditertawakan. Adalah betis kecil yang ditertawakan sebagian sahabat. Betis dari Abdullah bin Mas’ud yang terlihat ketika diminta untuk memanjat. Tetapi Rasul membela dan berkata bahwa betis kecil itu jauh lebih berat timbangannya daripada beratnya gunung Uhud di Yaumil Mizan nanti.

Allah punya penilaian sendiri atas segala sesuatu yang dianggap kecil.
“(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui” (QS. Luqman: 16).


Tidak melulu inspirasi dan motivasi itu hadir dari pohon besar yang kokoh tahan terpaan angin kencang. Tapi, juga bisa hadir dari rumput-rumput kecil yang meliuk-liuk diterpa angin kencang, tapi mampu tegak kembali setelah badai hilang. 

No comments:

Post a Comment